• July 11, 2022
3 Cara Mencairkan Daging Beku yang Benar, Keliru Bisa Keracunan!

3 Cara Mencairkan Daging Beku yang Benar, Keliru Bisa Keracunan!

Banyak orang yang memilih tidak langsung memasak daging kurban dan menyimpan terlebih dahulu. Lantas bagaimana cara mencairkan daging beku?

Suara.com – Dalam momen perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H kali ini, jumlah persediaan daging hewan kurban beku dalam freezer kulkas dipastikan meningkat. Sebab banyak orang yang memilih tidak langsung memasaknya dan menyimpan terlebih dahulu. Lantas bagaimana cara mencairkan daging beku

Sebagian besar orang memilih daging kurban dibekukan dalam freezer supaya tahan lama, agar bisa dimasak pada lain hari. Akan tetapi belum banyak orang yang mengetahui bagaimana cara mencairkan daging beku dengan aman. 

Sebenarnya terdapat beberapa cara yang mudah untuk mencairkan daging beku dengan aman dan cepat. Yang dimaksudkan aman di sini adalah daging masih dalam keadaan yang baik dan berkualitas saat hendak dimasak. 

Cara Mencairkan Daging Beku 

Baca Juga:
Apakah Daging Kurban Tidak Boleh Disimpan Lebih dari 3 Hari? Ini Hukumnya

Perlu diingat, cara mencairkan daging beku beku harus dilakukan secara tepat. Jika tidak, maka dapat akan terjadi kontaminasi bakteri yang memicu keracunan makanan yaitu Salmonella. 

Berikut ini terdapat tiga cara mencairkan daging beku: 

1. Membiarkan Daging Cair di Dalam Kulkas 

Anda dapat mengambil daging yang dimasukkan ke dalam freezer kemudian taruh ke dalam wadah lalu letakkan di dasar kulkas. Dan biarkan daging mencair dengan sendirinya. Pastikan Anda menjauhkan daging dari makanan lain untuk menghindari adanya bakteri Salmonella.  

Cara ini dianggap paling efektif untuk mencairkan daging beku. Keuntungan dari menerapkan cara mencairkan daging yang pertama ini adalah kualitas daging yang Anda gunakan akan dapat terjaga hingga 1 sampai 2 hari setelahnya. 

Baca Juga:
Menkeu: Keamanan Digital Penting Dikembangkan

2. Menggunakan Air Dingin 

Leave a Reply

Your email address will not be published.