• July 11, 2022
Jadwal Kegiatan dan Kapan Jemaah Haji Pulang ke Indonesia

Jadwal Kegiatan dan Kapan Jemaah Haji Pulang ke Indonesia

Seperti apa kegiatan jemaah haji selama berada di Tanah Suci, dan kapan jemaah haji pulang ke Indonesia?

Suara.com – Usai perayaan Idul Adha 1443 H, kapan jemaah haji pulang ke Indonesia? Sebelumnya, perlu diketahui bahwa sebanyak 100.051 jemaah dan 1.901 petugas telah diberangkatkan ke tanah suci untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima ini.

Sebelum tahun kapan jemaah haji pulang ke Indonesia, simak dahulu jadwal ibadah ini secara lengkap, mulai dari berangkat, ibadah di Tanah Suci hingga kepulangannya.   

Jadwal pemberangkatan jemaah haji Indonesia dibagi menjadi dua gelombang, yaitu gelombang pertama dan gelombang kedua.

Pemberangkatan haji 2022 gelombang pertama ditandai dengan keberangkatan kloter pertama menuju Bandara Udara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada tanggal 4 Juni lalu. Jadwal pemberangkatan gelombang pertama ini berlangsung sampai dengan tanggal 8 Juni 2022.Untuk gelombang kedua, jadwal pemberangkatan jemaah haji dimulai pada 13-17 Juni 2022 menuju Bandara Udara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. 

Lantas, seperti apa kegiatan jemaah haji selama berada di Tanah Suci, dan kapan jemaah haji pulang ke Indonesia?

Baca Juga:
Jamaah Haji Padati Mina, Petugas Diminta Siaga dan Fokus di Pos Masing-masing

Jadwal Kegiatan Jemaah Haji

Melansir laman NU Online, berikut ini adalah jadwal kegiatan jemaah haji Indonesia selama di tanah suci hingga kembali ke Tanah Air:

Tanggal 7 Juli 2022, jemaah haji diberangkatkan menuju Arafah untuk melakukan persiapan Wukuf. Tanggal 8 Juli 2022, jemaah haji melaksanakan Wukuf di Arafah.Tanggal 9 Juli 2022, tepat di Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah 1443 H) jemaah haji sudah berada di Mina untuk melaksanakan lempar jumrah.

Para jemaah haji berada di Mina sampai 11 Juli 2022. Sementara bagi mereka yang mengambil nafar awal dan nafar tsani berada di Mina sampai dengan tanggal 12 Juli 2022. 

Setelah itu, para jemaah haji melanjutkan kegiatan ibadah untuk menyelesaikan rukun haji di antaranya thawaf dan sai di Masjidil Haram. Setelah rangkaian haji selesai, para jemaah haji akan dipulangkan ke Tanah Air.

Kapan Jemaah Haji Pulang ke Indonesia? 

Baca Juga:
Seorang Jemaah Haji Asal Pidie Jaya Meninggal Akibat Gagal Ginjal

Berikut ini adalah jadwal pemulangan jamaah haji menuju Tanah Air:

Leave a Reply

Your email address will not be published.