• July 11, 2022
Sejarah Bulan Muharram dan Peristiwa yang Melatarbelakangi Tahun Baru Islam

Sejarah Bulan Muharram dan Peristiwa yang Melatarbelakangi Tahun Baru Islam

Menurut kalender Hijriyah, tahun baru Islam ini jatuh tanggal 1 Muharram. Bulan Muharram ini memiliki banyak sejarah. Adapun sejarah bulan Muharram yakni sebagai berikut

Suara.com – Tahun baru Islam atau tahun baru Hijriyah adalah perhitungan waktu berdasarkan kalender hijriyah atau kalender Islam. Menurut kalender Hijriyah, tahun baru Islam ini jatuh pada tanggal 1 Muharram setiap tahunnya. Bulan Muharram ini memiliki sejarah yang panjang. Adapun sejarah bulan Muharram yakni sebagai berikut.

Bulan Muharram merupakan awal bulan dalam kalender hijriyah. Untuk selengkapnya, berikut ini ulasan sejarah bulan Muharram yang dilansir dari berbagai sumber.

Sejarah Bulan Muharram

Kalender hijriyah ini diawali dari bulan Muharram. Bulan Muharram adalah bulan mulia yang memiliki beragam keutamaan dan memiliki sejarah panjang.

Baca Juga:
Bacaan Doa Tahun Baru Islam 2022 1 Muharram 1444 H Beserta Artinya

Diketahui, bulan Muharram ini diambil dari kata (bahasa arab) haram yang memiliki arti suci atau terlarang. Kenapa dinamakan Muharram?

Karena pada zaman dulu, bulan tersebur dilarang untuk berperang dan membunuh. Adanya larangan tersebut berlangsung hingga masa Islam. 

Orang-orang Arab sebelum datangnya masa Rasulullah SAW dan pada masa beliau belum mempunyai angka tahun, biasa mereka menyebut tahun sebagai peristiwa besar yang muncul di tahun tersebut.

Misalnya, ada tahun gajah. Dinamakan tahun gajah atau amul fil karena pada tahun tersebut ada peristiwa pasukan gajah yang dipimpin Abrahah untuk menghancurkan Ka’bah. Selain itu, ada juga tahun fijar atau amul fijar karena pada masa itu terjadi peristiwa perang fijar. 

Selain dua sebutan di atas sebagai penanda tahun, ada juga tahun yang disebut sebagai tahun nubuwah karena pada tahun tersebut Rasulullah SAW menerima wahyu dari Allah SWT.

Baca Juga:
Mengetahui Kapan Tahun Baru Islam 2022 dan Doa Awal Tahun yang Perlu Dibaca

Di tahun ketiga pada masa kepemimpinan Umar bin Khattab RA, terjadi satu masalah yang menimpa pejabat pemerintah. Karena ketiadaan angka tahun ini membuat sejumlah pejabat pemerintah mengalami kesulitan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.