• July 12, 2022
9 Amalan 1 Muharram yang Akan Datangkan Pahala Berkali Lipat

9 Amalan 1 Muharram yang Akan Datangkan Pahala Berkali Lipat

Selain puasa, amalan 1 Muharram lainnya yang dapat dilakukan di antaranya adalah tidak berbuat dzalim, menjauhi maksiat, introspeksi diri, sedekah, menyantuni anak yatim.

Suara.com – Ada salah satu bulan yang dimuliakan berdasarkan dalil dari Al-Quran dan sunnah, yaitu Muharram. Oleh karenanya, umat Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan 1 muharram.

Berdasarkan firman Allah SWT, “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah SWT adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah SWT di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu, dan perangilah musyrikin semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah SWT beserta orang-orang yang bertaqwa”, (QS At-Taubah: 36).

Nah, pada ulasan kali ini marilah kita simak apa saja amalan 1 Muharram yang bisa mendatangkan pahala yang berkali-kali lipat.

Amalan 1 Muharram

Baca Juga:
Doa Awal dan Akhir Tahun yang Diamalkan Ketika Pergantian Tahun Baru Islam 2022

Ada beberapa amalan di bulan Muharram yang memiliki keutamaan dan nilai pahala yang besar. Maka dari itu, setiap umat muslim perlu mempersiapkan diri baik jasmani maupun rohani untuk melaksanakan beberapa amalan 1 Muharram menyambut tahun baru hijriyah tersebut. Apa saja amalan 1 Muharram yang bisa dilaksanakan?

1Puasa Asyura

Puasa Asyura sudah dikenal sejak zaman jahiliyah sebelum Nabi SAW diutus seperti yang dikatakan Aisyah, “Sesungguhnya orang-orang jahiliyah dahulu berpuasa pada hari itu”, al-Qurthubi berkata, “Kemungkinan kaum Quraisy menyandarkan amalan puasa mereka kepada syari’at orang-orang sebelum mereka, seperti syari’at Nabi Ibrahim AS”. Karena itulah, Nabi Muhammad SAW memerintahkan para sahabatnya untuk menyelisihi mereka seperti yang sudah tertulis dalam hadits yang diriwayatkan Abu Musa al-Asy’ari di mana Nabi SAW bersabda, “Berpuasalah kalian pada hari tersebut”, (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Puasa asyura ini juga menjadi amalan yang diperintahkan sebab mengandung banyak keutamaan yang sudah dikhabarkan Rasulullah SAW, “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah Al-Muharram”, (HR Muslim).

2. Beramal Shalih

Baca Juga:
Sejarah Bulan Muharram dan Peristiwa yang Melatarbelakangi Tahun Baru Islam

Mengingat sangat banyak pahala yang diberikan oleh Allah SWT melebihi bulan lainnya, maka pada tanggal 1 Muharram hendaknya umat muslim lebih memperbanyak amalan ketaatan pada Allah SWT seperti sedekah, membaca Al-Quran, berdizikir, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.