• July 12, 2022
Strategy Analytics: Samsung Pimpin Pasar Chip Memori Smartphone

Strategy Analytics: Samsung Pimpin Pasar Chip Memori Smartphone

Samsung Electronics dan SK Hynix menguasai lebih dari 70 persen pasar chip memori smartphone.

Suara.com – Samsung memiliki kinerja moncer di pasar chip memori smartphone. Menurut Strategy Analytics, raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut menguasai 46 persen pangsa pasar secara global.

Perusahaan semikonduktor besar Korea Selatan, Samsung Electronics dan SK Hynix menguasai lebih dari 70 persen pasar chip memori smartphone.

Micron berada di peringkat ketiga dengan pangsa 15 persen. Pangsa gabungan dari tiga pemasok teratas adalah 85 persen.

Data dari Strategy Analytics menyebutkan bahwa penjualan flash DRAM dan NAND smartphone global pada kuartal pertama tahun ini diperkirakan mencapai 11,5 miliar dolar AS (Rp 172 triliun).

Baca Juga:
Sensor Kamera 200MP Buatan Samsung Akan Debut di HP Xiaomi

Samsung Electronics menduduki puncak pasar dengan pangsa 46 persen. Pangsa pasar Samsung adalah 52 persen di pasar DRAM smartphone dan 39 persen di pasar NAND flash (peringkat pertama di kedua pasar).

Ilustrasi chip memori. (Gizmochina)

SK Hynix memegang 24 persen pangsa pasar. Pangsanya adalah 25 persen di pasar DRAM dan 23 persen di pasar NAND flash. Gabungan pasar kedua perusahaan tersebut adalah 70 persen. Mereka memegang 76 persen pangsa pasar di pasar DRAM dan 62 persen di pasar NAND flash.

Dikutip dari NDTV, meski kedua perusahaan menguasai pasar, namun pangsanya sedikit menurun dibanding analisis tahun lalu (Samsung 49 persen dan SK Hynix meraih 23 persen).

Meskipun pasar smartphone 5G bertumbuh, pasar smartphone akan dipengaruhi oleh penurunan permintaan dan ketidakpastian pasar makro,” kata Stephen Entwistle, selaku Vice President Strategy Analytics.

Logo Samsung. (Samsung Newsroom)

Saham pembuat chip memori dan smartphone terbesar di dunia naik 2,5 persen setelah laporan pasar chip memori smartphone diterbitkan. Tak hanya moncer dalam penjualan chip memori smartphone, Samsung Electronics turut berfokus dalam mempersiapkan 6G.

Baca Juga:
3 Dampak Negatif Cek HP setelah Bangun Tidur, Hindari Kecanduan Gadget

Kami percaya bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mempersiapkan 6G,” bunyi pernyataan petinggi perusahaan untuk menyambut Samsung 6G Forum beberapa waktu lalu. Samsung diprediksi masih akan mempertahankan kinerja penjualan chip memori smartphone yang cukup baik dalam beberapa waktu mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.