• July 13, 2022
Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat dan Bacaan Doa untuk Memperlancar Rezeki

Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat dan Bacaan Doa untuk Memperlancar Rezeki

Salah satu bentuk ikhtiar memohon restu Allah SWT agar dimudahkan rezekinya yakni dengan melakukan sholat dhuha dengan membaca niat dan doanya.

Suara.com – Selain bekerja keras untuk mendapatkan rezeki, umat Islam juga dianjurkan untuk berserah diri dan memohon doa kepada Sang Pencipta. Salah satu bentuk ikhtiar memohon restu Allah SWT agar dimudahkan rezekinya yakni dengan melakukan sholat dhuha dengan membaca niat dan doanya.

Sholat dhuha menjadi salah satu amalan sunnah ampuh untuk memperlancar rezeki seseorang. Sholat ini dilakukan di pagi hari mulai dari matahari naik hingga menjelang waktu dzuhur.

Tak hanya ikhtiar mendatangkan rezeki, sholat dhuha juga memiliki keutamaan sebagai bentuk dari sedekah diri. Hal ini seperti tertulis dalam hadist riwayat Muslim berikut.

“Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (Subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (Alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (Laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah , dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi munkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan salat Dhuha sebanyak 2 raka’at” (HR. Muslim).

Baca Juga:
Jantungnya Al Quran, Inilah Penggalan Surat Yasin Latin 1-10

Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat

Sholat dhuha bisa dikerjakan paling sedikit 2 rakaat hingga maksimal sebanyak 12 rakaat. Jika sholat yang dilakukan lebih dari 4 rakaat, Anda bisa melakukannya dengan 2 rakaat satu salam ataupun 4 rakaat dengan 1 salam.

Berikut ini bacaan niat sholat dhuha 2 rakaat dan artinya.

Ushalli sunnatad dhuhaa rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat sholat dhuha dua rakaat sunnah karena Allah ta’ala

Baca Juga:
Bacaan Doa Akhir Tahun Baru Islam yang Perlu Diamalkan

Surat yang Dibaca saat Sholat Dhuha

Leave a Reply

Your email address will not be published.