• July 14, 2022
Mudah Bertransportasi dengan Kartu dan Aplikasi JakLingko

Mudah Bertransportasi dengan Kartu dan Aplikasi JakLingko

Kartu JakLingko terbaru kini berwarna hitam.

Suara.com – Jakarta memiliki sistem transportasi publik bernama JakLingko. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat bertransportasi publik. Pada era digital seperti saat ini, JakLingko dikembangkan ke dalam sebuah sistem pembayaran elektronik melalui kartu dan aplikasi.

Direktur Utama PT JakLingko Muhammad Kamaluddin mengatakan, JakLingko senantiasa dikembangkan untuk memudahkan publik dalam mengakses dan memanfaatkannya. Salah satunya dengan membuka akses kerja sama kartu JakLingko dengan kartu elektronik milik berbagai bank.

“PT JakLingko sedang dalam proses  kerja sama dengan bank-bank pemilik kartu uang elektronik (issuer), sehingga nantinya dapat digunakan sebagai Kartu Transportasi JakLingko,” kata Kamaluddin.

Baru-baru ini, program JakLingko memperoleh penghargaan Highly Commended Smart Ticketing Programme pada ajang Transport Ticketing Global Award untuk kategori Best Smart Ticketing Programme (200k+ Daily Journey). Penghargaan tersebut berlangsung di Olympia, London, Inggris, pada Selasa (28/6/2022) malam waktu setempat.

Baca Juga:
Spanyol Siap Bantu Proyek Transportasi, Menhub Budi Karya Sumadi Tawarkan Proyek di IKN Nusantara

“Penghargaan ini menandai kesuksesan program JakLingko sebagai pionir integrator sistem pembayaran transportasi umum. Saat ini program JakLingko digunakan untuk empat moda transportasi (MRT Jakarta, LRT Jakarta, Transjakarta, dan Commuterline) di wilayah Jakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

JakLingko terpilih setelah melalui sejumlah penjurian yang ketat selama dua bulan. JakLingko bersaing dengan sejumlah finalis dari berbagai negara seperti Rusia, Brasil, Australia, Pakistan, Amerika, dan Kazakhstan.

Aplikasi JakLingko

Bukan hanya mengembangkan kartu transportasi, JakLingko juga mengintegrasikan transportasi di DKI Jakarta dengan aplikasi JakLingko.  Aplikasi JakLingko memudahkan pengguna untuk memantau, merencanakan, memesan, serta membayar tiket untuk berbagai moda transportasi melalui satu aplikasi. Dengan cara ini, penumpang transportasi publik yang menggunakan dua atau tiga jenis moda cukup melakukan satu kali pembayaran dalam satu perjalanan. Hal ini tentu akan lebih mudah dibandingkan melakukan pembayaran konvensional yang terpisah di masing-masing moda.

Kamaluddin menerangkan, melalui aplikasi JakLingko, pengguna bisa mengetahui rute tercepat dan termurah yang ingin digunakan, serta menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal keberangkatan moda transportasi publik yang dipilihnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih rute perjalanan dan moda transportasi yang sesuai kebutuhannya.

Baca Juga:
Pengusaha Transportasi Desak Pemerintah Tertibkan Angkutan Ilegal

Aplikasi JakLingko. (Dok: Pemprov DKI Jakarta)

“Aplikasi JakLingko telah terintegrasi dengan berbagai moda, seperti Transjakarta, MRTJ, LRTJ, serta KRL yang bisa digunakan dengan satu sistem pembayaran yang terintegrasi. Aplikasi ini mudah dan praktis digunakan karena menggunakan metode pembayaran elektronik, sekaligus sebagai upaya mendukung digitalisasi transportasi publik di Jakarta,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.