• July 14, 2022
Survei Capres di Jateng: Elektabilitas Ganjar Meroket Kalahkan Prabowo hingga Anies, Sandiaga Cawapres Teratas

Survei Capres di Jateng: Elektabilitas Ganjar Meroket Kalahkan Prabowo hingga Anies, Sandiaga Cawapres Teratas

“Ganjar Pranowo sebesar 71,5 persen menjadi pilihan tertinggi responden Jawa Tengah. Jauh di atas nama-nama lainnya.”

Suara.com – Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbarunya soal elektabilitas figur calon presiden dan calon wakil presiden jelang Pilpres 2024. Hasilnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo teratas sebagai capres, sementara Sandiaga Uno teratas sebagai cawapres.

Dalam hasil survei yang diterima Suara.com ini, disebutkan bahwa survei ini dilakukan di Provinsi Jawa Tengah. Peryama survei memaparkan soal elektabilitas capres dari 10 nama.

Dipaparkan dalam elektabilitas capres Ganjar meraih angka 71,5 persen, kemudian di bawahnya jauh ada Prabowo Subianto dengan 7,6 persen, lalu Anies Baswedan dengan 6,2 persen.

“Ganjar Pranowo sebesar 71,5 persen menjadi pilihan tertinggi responden Jawa Tengah. Jauh di atas nama-nama lainnya,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam paparan survei, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga:
Teratas di Survei Pilpres 2024, Ganjar: Aku Tak Ngurusi Brambang Karo Lombok Wae

Adapun di bawah tiga nama tersebut, ada Ridwan Kamil dengan 2,3 persen, kemudian Agus Harimurti Yudhono (AHY) dengan angka 1,6 persen, lalu ada Sandiaga Uno dengan 1,3 persen.

Lalu ada Erick Thohir dengan angka 1,1 persen, kemudian ada Puan Maharani dengan angka 0,8 persen, lalu Khofifah Indar Parawansa 0,8 persen dan Ketua Airlangga Hartarto 0,1 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab 6,9 persen.

Sementara terkait cawapres, nama teratas di duduki oleh Sandiaga Uno dengan angka 19,8 persen, Erick Thohir 12,9 persen, kemudian Ridwan Kamil 11,5 persen, AHY dengan angka 7,3 persen, Susi Pudjiastuti 4,7 persen, Khofifah Indar Parawansa 4,6 persen.

Kemudian Puan Maharani 4,2 persen, Andika Perkasa 3,7 persen, kemudian Habib Lutfi bin Yahya 2,8 persen, dan Gatot Nurmantyo 2,3 persen sementara nama lainnya hanya meraih angka di bawah 2 persen.

Adapun survei yang digelar di Jawa Tengah ini dilakukan pada periode pada 24-30 Juni 2022. Jumlah responden survei sebanyak 1200 di setiap provinsi.

Baca Juga:
Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Pranowo Unggul di Jateng dan Jatim

Untuk metodologi survei menggunakan multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen. Margin of error survei kurang lebih 2,83 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.