• July 14, 2022
Tata Cara Sholat Dhuha

Tata Cara Sholat Dhuha

Salah satu amalan terbaik untuk mendatangkan rezeki adalah sholat dhuha dengan membaca niat sholat dhuha dan mematuhi tata caranya.

Suara.com – Tak hanya bekerja agar mendapatkan pundi-pundi rezeki, umat Muslim juga dianjurkan menjalani berbagai amalan agar rezeki terus mengalir. Salah satu amalan terbaik untuk mendatangkan rezeki adalah sholat dhuha dengan membaca niat sholat dhuha dan mematuhi tata caranya.

Sholat dhuha dilakukan di pagi hari setelah matahari terbit secara sempurna hingga menjelang waktu dzuhur. Untuk mengerjakan sholat dhuha, ada beberapa tata cara sholat dhuha yang bisa dilakukan.

Sholat ini dikerjakan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat dengan hitungan 2 rakaat satu salam atau 4 rakaat satu salam.

Anjuran mengerjakan sholat dhuha tertuang dalam hadist yang diriwatarkan oleh Hakim dan Thabrani. Dalam hadist tersebut Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:
Bacaan Doa Qunut Sendirian Latin dan Artinya

“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (sholat dhuha) niscaya pasti akan aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya”, (HR Hakim dan Thabrani).

Niat Sholat Dhuha

“Ushalli sunnatad dhuha rak‘ataini lillahi ta‘ala”.

Artinya: “Aku berniat sholat sunnah dhuha dua rakaat karena Allah SWT”.

Surat yang Dibaca saat Sholat Dhuha

Baca Juga:
Bacaan Doa Qunut Berjamaah untuk Sholat Subuh, Hati-hati saat Ucapkan Kata Ini

Dikutip dari buku Sholat Dhuha Dulu, Yuk karya Imron Mustofa, disebutkan ada beberapa surat yang dianjurkan dibaca saat sholat dhuha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.